Selasa, 24 Maret 2015

Mengenal Batu Kalimaya Surantih

Mengenal Batu Kalimaya Surantih- Salah satu batu mulia yang memiliki harga mahal dan sudah mendunia adalah batu kalimaya banten. Dari namanya saja mungkin Anda sudah bisa menebak asal muasal dari batu ini yakni daerah provinsi Banten. Terpatnya di daerah Maja Kabupaten Lebak Provinsi Banten.


Tahukah anda? Ternyata selain selain di Banten batu kalimaya terbaik di Indonesia adalah yang dihasilkan Gunung Rajo, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan.

Gunung Rajo berjara sekitar 37 Km dari Kota Painan dan sekitar 2,5 Km dari Pasar Surantiah. Dari arah Padang, setelah melewati Pasar Surantiah 2,5 Km Anda berbelok ke kanan, itulah Kampung Sungai Sirah dan terletak persis di pinggir pantai. Gunung Rajo sendiri dianggap tempat bersejarah dan keramat oleh masyarakat setempat. Dari “gunung” kecil inilah dihasilkan batu berharga yang banyak diburu orang.

Hampir setiap hari pemburu batu datang ke Gunung Rajo untuk mendapatkan batu kalimaya. Mereka datang dari berbagai daerah, misalnya Padang, Pasaman, Solok dan bahkan dari Darmasraya hanya untuk sekedar mendapatkan batu yang menyedot perhatian penikmat batu berharga.

Tidak tanggung tanggung, pengunjung Gunung Rajo datang membawa peralatan lengkap, misalnya linggis, palu, pacul dan perkakas lainnya. Tidak jarang pula pengunjung sengaja bermalam dilokasi untuk mendapatkan kalimaya. Untuk mendapatkan batu kalimaya seseorang harus menajat tebing dan mengais kulit atau permukaan tanah dengan peralatan yang telah disediakan. Namun tidak jarang, batu itu berada dalam bongkahan batu besar, dan untuk mengeluarkannya batu tersebut harus dipahat.

Gunung Rajo diketahui memiliki kandungan batu kalimaya sudah sejak lama, namun akibat sulit untuk mengeksploitasinya karena harus memecah batu karang. Dulu tidak banyak batu yang diperoleh warga. Namun setelah kawasan itu dimanfaatkan salah satu perusahaan untuk memenuhi material proyek, maka batu batu berharga itu mulai diketahui publik setelah batu batu besar di pecah. Dan Gunung Rajo menjadi buncah setelah itu.

Namun kini, bila ingin mendapatkan kalimaya tanpa harus mendaki karang dan bongkahan bebatuan yang pecah setelah digarap perusahaan, maka anda dapat memperolehnya melalui masyarakat setempat. Warga setempat rata rata menyimpan batu kalimaya.

Batu kalimaya asal Gunung Rajo telah merambah pasar luar negeri seprti Malaysia dan negara tetangga lainnya. Hanya saja penjualan masih belum terkondisi dengan baik. Salah satu daya tarik batu kalimaya asal daerah ini adalah jumlah warna yang dipancarkan. Kalimaya kualitas terbaik ditandai warna yang dipancarkan berjumlah lima atau tujuh.

Tidak tanggung tanggung, batu kalimaya kualitas super diluar negeri dapat dijual dengan harga tinggi. Salah seorang kolektor sekaligus pedagang batu kalimaya menyebutkan pernah menjual batu kalimaya asal Gunung Rajo dengan harga Rp2 juta perbatu (sebesar biji kopi). “Itu untuk batu yang memiliki warna sebanyak lima. Namun bila jumlahnya tujuh akan terjual lebih mahal,” katanya.

Namun jika harga kualitas satu itu terlalu berat, penikmat cincin kalimaya tidak usah kecewa. Anda masih dapat mempeoleh batu kalimaya standar yang hanya memancarkan satu warna. Untuk kalimaya satu warna warga setempat biasanya menjual seharga Rp100-300 ribu, tergantung bentuk dan ukuran batu tersebut.

“Di luar banyak beredar batu kalimaya palsu. Oleh karena itu, bagi penyuka batu kalimaya yang belum mengerti tentang batu sebaiknya datang langsung ke kawasan Gunung Rajo,” katanya.

Demikian Informasi mengenai Mengenal Batu Kalimaya Surantih. Semoga informasi in bermanfaat bagi anda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar