Minggu, 22 Maret 2015

Batu Hiau Garut

Batu Hiau Garut- Kekayaan alam di negeri ini berupa batu akik dengan ciri khas nya masing-masing sangat melimpah, salah satunya adalah Garut, Jabar. Bahkan kolektor dan pemburu batu akik kini sedang ramai berduyun mendatangi Garut, agar dapat memiliki salah satu hasil alam berupa akiknya yang khas.

Salah satu Batu Garut yang sedang trend dan banyak diminati baik oleh para penggemar dan kolektor batu Permata, Batu Mulia ataupun Batu Akik adalah Batu Hijau Bungbulang Garut. Batu Bungbulang Garut banyak sekali macamnya, Batu Hijau Ohen merupakan salah satu Batu yang sedang naik daun, berikut ini kami sampaikan salah satu koleksi kami yang layak anda miliki dengan harga yang cukup murah untuk ukuran Batu Hijau Bungbulang Garut.

Ada banyak jenis batu dari Garut, namun yang paling pupoler adalah batu hijau Garut yang berasal dari Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut. Batu Hijau Garut sudah mulai dikenal, terbukti dari beberapa wilayah di garut selatan hampir seluruh kalangan masyrakat mengenakan cincin Batu Hijau Garut, bahkan penjualan Batu Hijau Garut saat ini sudah menjadi sebagian dari Mata Pencarian di Kec. Bungbulang. Jika anda ingin mencari Batu Permata di Kec. Bungbulang tidaklah sulit, anda akan dengan mudah menemukan pengrajin dan penjual Berbagai Jenis Batu Permata.

Jenis akik yang didapat oleh pemburu batu di Garut bermacam-macam, salah satunya yang kini sedang jadi primadona adalah batu akik garut hijau botol. Warnanya yang mirip dengan botol beling berwarna hijau menyebabkan akik tersebut dinamakan demikian.

Karena keindahan dan kelangkaannya, akik garut hijau botol konon harganya sudah melambung hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Bahkan di lokasi galiannya, di tambang batu rakyat di Desa Gaod, Kecamatan Bungbulang, batu itu telah dinyatakan punah dan habis.

Batu Hijau Garut memiliki nilai jual yang cukup tinggi, ini dikarnakan proses penggalian untuk batu jenis ini cukup sulit dan sangat langka untuk di temukan. Proses penggalian jenis batu bisa memakan waktu yang cukup lama rata-rata proses penggalian atara 1 – 2 tahun dengan kedalaman ratusan meter. jadi tidaklah heran kaluan jenis Batu hijau Garut cukup langka dan terbilang sangat mahal.

Batu Hijau Garut merupakan keluarga kuarsa yang memiliki sususnan kristal mikrokristal (microcrystaline), dalam dunia gemology disebut dengan chrysopase chalcedony, batu Hijau Garut memiliki warna ari biru muda sampai ke hijau tua. yang membedakan antara batu bacan dan hijau garut adalah asal tempat mereka di tambang dan sususnan kimia yang berbeda yang diakibatkan faktor geologis yang berbegda. Keindahan Batu Garut Konon telah membuat orang-orang dari negeri seberang seperti Taiwan & Korea datang ke Indonesia khusus untuk mencari dan mengoleksi batu jenis ini.

Demikian informasi singkat mengenai Batu Hijau Garut, Semoga tulisan singkat ini dapat menambah pengetahuan serta wawasan kita di dunia perbatuan, sehingga kita dapat mengenal lebih banyak lagi tentang jenis-jenis batu yang ada di tanah tercinta ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar