Minggu, 22 Maret 2015

Cara Mudah Membuat Batu Cincin

Cara Mudah Membuat Batu Cincin- Dari waktu ke waktu para peminat batu akik semakin bertambah.Bahkan para peminat batu akik rela menghabiskan isi dompet sampai kandas hanya buat si batu akik mungil ini sungguh mengherankan bagi kelompok orang yang bukan pecinta atau penggemar batu akik .
Namun bagaimana caranya agar kita tidak menghabiskan banyak uang untuk si batu mungil tersebut?.

Ya itu mungkin dengan membeli batu akik yang masih mentah alias belum diolah, dan setelah itubatu akik yang mentah atau belum diolah itu kita proses
menjadi batu cincin sendiri.

Dalam artikel ini saya mencoba menjelaskan cara membuat batu cincin sendiri secara singkat dan sederhana atau dapat disebut semi tradisional. Artinya belum menggunakan mesin cetak batu tetapi juga sudah tidak lagi menggunakan batu asahan manual seperti yang dilakukan orang – orang jaman dahulu.

Langkah – langkah pembuatan berikut ini adalah berdasarkan pengalaman yang saya lewati selama 2 ( dua ) tahun terakhir ini dari berbagai analisa dan survei langsung dengan beberapa orang pembuat batu yang yang sudah memiliki pengalaman.

Pertama, kita pilih bahan batu cincin yang akan kita buat baik yang ada motif nya ataupun non motif

Potong bahan tersebut sesuai ukuran yang diinginkan dengan menggunakan alat pemotong yang dipegang dengan tangan ataupun menggunakan alat potong duduk.

Lakukan pembentukan bahan batu dengan menggunakan alat potong yang dipegang dengan tangan secara perlahan dan hati – hati ( agar mata potong nya tidak melukai kita ), selain itu juga tetap diperhatikan bentuk simetris nya, optimalkan pembentukan tahap ini agar tidak menghabiskan batu asahan ( gerinda ) dan lebih menghemat waktu dalam proses pembuatan pada tahapan selanjutnya.

Sebelum dilanjutkan, persiapkan terlebih dahulu alat asah yaitu gerinda duduk yang sudah ditempelkan alat tetes air ( infus bekas ), lalu bentuk bahan tersebut dengan menggunakan  gerinda  secara perlahan dan tidak ditekan kuat – kuat serta dibantu tetesan air secara berkala dengan alat infus bekas yang diteteskan pada alat asahan ( gerinda ), tujuan nya agar batu yang kita asah tidak mengalami keretakan baik di dalam, diluar ataupun dipinggirnya, lakukan dengan konsentrasi agar hasilnya maksimal ( tidak ada cekungan pada permukaan batu cincin yang kita asah tersebut )

Setelah tahap asahan selesai, sebaiknya batu cincin yang sudah kita bentuk pada gerinda  tersebut kita asah lagi menggunakan batu asahan manual secara merata, agar tidak ada cekungan pada permukaannya.

Jika sudah yakin permukaannya tidak ada cekungan lagi, lalu persiapkan amplas nya, d tempel pada sendal bekas yang telah buat bulat dan sudah terpasang pada alat penghamplasan, pertamakali gunakan hamplas batu merk “Niken” ukuran 800.

Demikian sajian singkat kami tentang Cara Mudah Membuat Batu Cincin, semoga sajian singkat kami bisa memberi manfaat bagi anda para penggemar batu cincin. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar